Total Pageviews

Tuesday, June 29, 2010

GEMA HARAPAN

  1. PENDAHULUAN


Pada tanggal 20 Mei 2008, bertepatan dengan peringatan 100 tahun kebangkitan nasional, Center For Corporate Leadership (CCL) memprakarsai Gerakan Masyarakat Peduli Hari Depan, selanjutnya disebut Gema Harapan.


Gema Harapan diharapkan akan menjadi wadah untuk mendorong kepedulian masyarakat terhadap hari depan bangsa, melalui pembinaan dan penghijauan lingkungan, serta pendidikan dan pengembangan SDM berbasis komunitas.


Gerakan ini ditandai dengan pembacaan deklarasi oleh Amirah Syanti Bermawi, murid kelas II SD mewakili generasi masa depan. Dilanjutkan dengan pembacaan puisi oleh Subarto Zaini, Ketua Dewan Pembina CCL, mewakili generasi pendahulu yang akan segera berlalu.


Gema harapan memulai kegiatannya pada hari yang sama dengan membuka Taman Bacaan. Taman Bacaan berlokasi di lingkungan Jalan Harapan yang mencakup RT 001, RT 002, dan RT 003, RW 03 Kelurahan Bintaro, Jakarta Selatan. Deklarasi Gema Harapan dan pembukaan Taman Bacaan mendapat sambutan dan dukungan positif dari tokoh masyarakat setempat, baik yang diwujudkan dalam bentuk dana, maupun sumbangan berupa buku.


Sejak pembacaan deklarasi sampai saat ini, Gema Harapan telah melaksanakan berbagai kegiatan. Selain penyelenggaraan Taman Bacaan, penghijauan lingkungan berupa penanaman pohon, penataan taman, pengelolaan kompos merupakan kegiatan yang secara konsisten dan berkesinambungan dilakukan. Demikian pula telah dilakukan berbagai kegiatan sosial seperti donor darah, lomba kreatifitas, dan kecerdasan anak serta orang dewasa, lomba jalan sehat, bazar pasar murah, dan santunan untuk anak yatim.


Ke depan Gema Harapan telah merencanakan berbagai kegiatan tambahan yang berkaitan dengan kepedulian terhadap masa depan bangsa.


  1. TUJUAN dan HARAPAN


Gema Harapan diharapkan akan menjadi cikal bakal, program kemitraan tanggung jawab sosial yang diprakarsai dan dibina oleh CCL. CCL akan mengundang perusahaan yang merasa terpanggil sebagai mitra dalam menunaikan tanggung jawab sosialnya guna mendorong kepedulian masyarakat terhadap hari depan bangsa melalui berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pencerdasan masyarakat dan pembinaan lingkungan hidup yang berkelanjutan.


  1. LOGO dan MAKNANYA



Keterangan :

  1. Simbol warna hijau : Melambangkan anak-anak dan remaja yang berusia muda, wadah bagi mereka dalam berkembang dan menambah wawasan, pengetahuan, serta berkreatifitas.
  2. Simbol warna merah : Melambangkan pemuda dan pemudi yang penuh semangat menyala dalam menggapai masa depan.
  3. Simbol warna biru : Melambangkan manusia yang sudah matang yang memiliki kearifan untuk membimbing serta menjadi pengayom bagi yang muda.
  4. Lingkaran Abu-abu : Melambangkan lingkaran yang menyatukan unsur-unsur lambang ketiga warna tersebut, simbol dari persatuan yang kokoh dan terikat kuat antara ketiga generasi.
  5. Lambang tangan ke atas dan terbuka : Melambangkan pengharapan, tujuan, cita-cita, dan impian masa depan yang optimis.


Kelima unsur tersebut menyatu dalam lingkaran yang menjadi wadah di mana kelima lambang tersebut dapat berkumpul dan saling terkait. Wadah tersebut dinamakan GEMA HARAPAN.


D. KEGIATAN


Di bawah ini diuraikan berbagai kegiatan yang telah maupun yang akan diselenggarakan oleh Gema Harapan.


I. Taman Bacaan

Ilmu adalah pelita kehidupan. Pepatah ini sangat tepat. Tanpa ilmu, seseorang akan mengalami kesulitan dalam megarungi kehidupan di dunia ini. Sekecil apa pun ilmu yang dibutuhkan, tidak dapat dilepaskan. Terlebih-lebih di zaman millenium, yang segala sesuatunya didasarkan pada sains. Maka, ilmu menjadi sesuatu yang wajib dimiliki semua orang.


Membaca dapat membuat seseorang memiliki pengetahuan karena dengan membaca orang mengetahui sesuatu. Pengetahuan tersebut nantinya akan sangat berguna dalam menjalani kehidupan dan hidup berdampingan bersama masyarakat. Tetapi, tidak sedikit yang merasa kesulitan dalam membaca, salah satunya adalah karena tidak mampu membeli buku-buku bacaan. Di sinilah terlihat bahwa manfaat dari hadirnya taman bacaan di tengah-tengah masyarakat merupakan hal yang penting dan sangat baik dilakukan dalam hal peningkatan minat baca.


Penyelenggaraan Taman Bacaan merupakan kegiatan yang pertama dan yang paling utama dalam Gema Harapan. Tujuan dari penyelenggaraan Taman Bacaan adalah untuk mendorong peningkatan minat baca khususnya di kalangan generasi muda.


Di samping sebagai layanan sosial masyarakat dalam hal peningkatan minat baca, Gema Harapan juga mengedepankan konsep penghijauan lingkungan guna membangun masyarakat yang sadar dan peduli akan lingkungan. Taman bacaan yang dibangun ini memiliki konsep berbasis taman yaitu dengan tujuan agar masyarakat merasa nyaman dalam membaca dan merasakan hal yang berbeda dari taman bacaan sejenisnya. Selain itu, Gema Harapan pun berusaha menjadi pelopor bagi taman bacaan lainnya yang mengedepankan minat baca dengan konsep taman yang nantinya akan berdampak baik pada pembangunan dan pelestarian lingkungan.


RENCANA KEGIATAN PENCERDASAN dan PEMBELAJARAN MASYARAKAT

Di bawah diuraikan rencana kegiatan pencerdasan dan pembelajaran masyarakat, khususnya bagi para generasi muda.


Klub Dongeng

Kebanyakan dari pengunjung Taman Bacaan adalah anak-anak. Oleh sebab itu dirasa perlu menghadirkan kegiatan yang tidak hanya membuat mereka terhibur, tetapi juga mendidik. Dongeng merupakan media yang efektif untuk menyampaikan pendidikan melalui cerita. Diadakan dua kali dalam satu bulan setiap hari minggu pagi jam 10.00 s/d 12.00 WIB.


Klub Baca & Menulis

Keterbatasan ruang baca yang tidak terlalu luas sepertinya turut andil menjadi penyebab keengganan kalangan remaja dan dewasa menyambangi Taman Bacaan Gema Harapan. Untuk mengatasinya, mulai saat ini buku-buku di Taman Bacaan dapat dipinjam dengan cara bergabung menjadi anggota Klub Baca. Dengan demikian, diharapkan, minat baca di kalangan remaja akan meningkat. Klub Baca mengadakan acara rutin seperti Bakar Sate (Bahasa Karya Sambil Telaah) dan jumpa penulis, yang diadakan setiap satu bulan sekali setiap minggu jam 13.00 s/d 15.00 WIB. Selain itu Klub Baca juga akan mengadakan lomba resensi setiap satu tahun sekali, serta pelatihan-pelatihan seperti kepustakaan, dll. Sesuai dengan konsep Taman Bacaan yang merupakan Rumah Baca dan Hasilkan Karya, selain pertemuan rutin anggota pengurus Abnon Buku DKI yang diadakan dua pekan sekali setiap hari Minggu, pukul 09.00 s/d 15.00 WIB, Taman Bacaan Gema Harapan akan membuka Klub Menulis bagi anak-anak yang diproyeksikan sebagai wadah bagi Gema Harapan Kid’s. Kegiatan Menulis ini akan dibuka setiap enam bulan sekali dengan dua belas kali pertemuan. Diharapkan, dari kegiatan ini akan lahir bibit-bibit penulis potensial.



Klub Studi

Bahasa Inggris dan pelajaran umum lainnya, merupakan pelajaran yang sangat dibutuhkan para pelajar khususnya bagi yang masih mengenyam pendidikan di sekolah. Tidak semua orang berkesempatan mengenyam pendidikan di lembaga-lembaga yang memberikan pengajaran Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Ekonomi, dan Umum. Oleh sebab itu, Taman Bacaan Gema Harapan berusaha memfasilitasi dengan program Klub Studi. Anak-anak akan diperkenalkan dengan berbagai bidang studi ini dengan cara yang menyenangkan, lewat permainan-permainan yang mendidik. Klub Studi ini akan berkegiatan setiap satu atau dua pekan sekali pada hari Sabtu pukul 13.00 s/d 15.00 WIB.


Klub Seni dan Kreatifitas

Kegiatan kesenian pun tak luput menjadi hal yang terpenting untuk Gema Harapan, karena dengan pembinaan kesenian dan juga kreatifitas diharapkan Gema Harapan dapat menjadi tempat untuk pengembangan kreatifitas dan kesenian yang terdiri dari :

A. Pelatihan Teater atau drama

B. Pelatihan Keterampilan Tangan

C. Kesenian sastra

D. Musik dan Seni Suara.

No comments: