Total Pageviews

Tuesday, June 29, 2010

Tugas "Manajemen PR"

TUGAS


Pilihlah satu dari beberapa kasus berikut ini, kemudian tentukan langkah-langkah (sesuai dengan metode pekerjaan humas) yang akan anda kerjakan jika anda menjadi Manajer PR dari perusahaan/organisasi yang bersangkutan untuk mengatasi kasus tersebut :


Kasus I

Perusahaan Sybron Chemical Inc mengalami musibah yakni terjadi kecelakaan karena bahan kimia dan kecelakaan luka bakar 2 pekerja dari pabrik itu. Kecelakaan ini mengakibatkan 60 orang harus dievakuasi. Peristiwa ini kemudian dibarengi dengan publisitas tentang polusi yang diakibatkan perusahaan yakni brupa bau yang tidak sedap. Selain itu masalah keselamatan kerja dan kurangnya informasi tentang apa sebenarnya aktivitas perusahaan tersebut merebak dalam masyarakat. Akhirnya penduduk atau komunitas Sybron meminta agar perusahaan ini ditutup.


Kasus II

Berbagai aksi unjuk rasa maupun kritikan pedas menolak kenaikan harga BBM terus terjadi. Mereka menolak kenaikan harga BBM karena menilai penyaluran dana kompensasi BBM terhadap sector pendidikan, kesehatan, dan sosial tidak jelas. Mereka menyatakan alasan pemerintah menaikan harga BBM dan menyubsidikan ke sektor-sektor tersebut tidak tepat dan sepanjang sejarah dana kompensasi ini tidak pernah efektif dan selalu disalahgunakan atau tidak sampai kemasyarakat miskin seperti yang dijanjikan.


Kasus III

Sebuah perusahaan mengalami penurunan jumlah produksi. Indikasi yang ada diantaranya ada karyawan tidak memperhatikan kedisiplinan kerja terutama faktor waktu, selain itu mereka juga cenderung tidak bersemangat dalam bekerja.


Kasus IV

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan seorang peneliti pada Universitas ternama di Jakarta, menemukan bahwa beberpa produk makanan yang beredar dimasyarakat dibuat dengan unsure gelatin. Dan menurut peneliti di Negara-negara maju, gelatin dibuat dengan menggunakan lemak babi. Diantara produk tersebut diantaranya adalah susu yang diproduksi perusahaan anda. Hasil penelitian dipublikasikan diberbagai media massa.


Jawab


Saya mengambil contoh pada Kasus III, yakni :

Sebuah perusahaan mengalami penurunan jumlah produksi. Indikasi yang ada diantaranya, ada karyawan tidak memperhatikan kedisiplinan kerja terutama faktor waktu, selain itu mereka juga cenderung tidak bersemangat dalam bekerja.


Hal pertama yang akan saya lakukan adalah dengan menganalisis terlebih dahulu permasalahan/penyebab terjadinya penurunan produksi pada perusahaan. Setelah mengetahui beberapa penyebab terjadinya hal tersebut maka hal pertama yang akan saya lakukan yaitu dengan memberitahukan hal tersebut kepada manajemen dimana sebelumnya saya akan mengumpulkan beberapa bahan yang akan dibicarakan oleh manajemen dimana bahan-bahan tersebut tentunya sudah saya perkirakan/dapatkan dari beberapa analisis yang saya dapatkan. Setelah membicarakannya dengan manajemen berdasarkan fakta-fakta/ pendapat yang menyatakan akan hal tersebut, barulah saya mendapatkan hasil dari penilitian/diskusi dengan manajemen maka selanjutnya saya akan menyampaikan kondisi tersebut kepada seluruh karyawan dan menyampaikan kemungkinan terburuk yang terjadi apabila kondisi tersebut terjadi secara berkepanjangan, selain itu saya akan meminta komitmen serta kontribusi dari seluruh karyawan dalam menghadapi permasalahan tersebut serta mengatasi hal tersebut yaitu dengan memberikan himbauan serta peringatan akan kedisiplinan dalam bekerja terutama dalam hal kedisiplinan waktu. Dalam hal memotivasi kepada seluruh karyawan untuk lebih giat lagi dalam bekerja, saya mencoba menjelaskan kepada mereka bahwa jika produksi kita naik maka secara otomatis akan ada upah tambahan/ bonus yang diberikan serta adanya penghargaan terhadap karyawan teladan.



(Tugas ini iseng q postkan dlm blog q utk memback-up tugas kuliah q, dikumpul pada tanggal 21 Juni 2010 by Riska Setiawati, Mahasiswi FIKOM Univ. Budi Luhur)

No comments:

Post a Comment