Total Pageviews

Tuesday, February 22, 2011

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI





Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menunjukkan jati dirinya dalam peradaban manusia saat ini. Sudah tentu tidak dapat dipungkiri bahwa peran perkembangan teknologi informasi telah memberikan share yang signifikan terhadap beberapa bidang (pendidikan, ekonomi serta sosial dan budaya). Kemajuan teknologi yang mampu menembus ruang dan waktu serta biaya dapat memberikan ketepatan informasi, serta performa fisik telah dapat ditingkatkan dengan sangat drastis. Bukan itu saja, penampilan fakta kongkret dari sebuah situasi dan kondisi yang dapat diakses dari tempat berbeda secara bersamaan dan dengan durasi tanpa batas, telah menganulir akan keragu-raguan terhadap eksistensi kejujuran manusia. Bahkan, kejujuran itu sendiri yang tadinya hanya sebagian dapat dideteksi melalui sorot mata, pada saat sekarang ini dengan kemampuan teknologi mampu mengolaborasi gelombang emosi, sehingga dapat diidentifikasi tingkat kejujuran yang diimplementasikan. Kehidupan kedepan sebagian besar akan dininabobokan oleh kemjuan teknologi informasi tersebut.

Teknologi Informasi merupakan teknologi yang dibangun dengan basis utama teknologi komputer. Perkembangan teknologi komputer yang terus berlanjut membawa implikasi utama teknologi ini pada proses pengolahan data yang berujung pada informasi. Hasil keluaran dari teknologi komputer yang merupakan komponen yang lebih berguna dari sekedar tumpukan data, membuat teknologi komputer dan teknologi pendukung proses operasinya mendapat julukan baru, yaitu teknologi informasi.


Teknologi informasi disusun oleh tiga matra utama teknologi yaitu :



1. Teknologi komputer, yang menjadi pendorong utama perkembangan teknologi informasi.

2. Teknologi telekomunikasi, yang menjadi inti proses penyebaran informasi.

3. Muatan informasi atau content informasi, yang menjadi factor pendorong utama implementasi teknologi informasi.

Penemuan teknologi komputer sejak awal dimaksudkan untuk membantu meringankan pekerjaan manusia agar lebih efektif dan efisien. Perkembangan komputer ini diikuti dengan lahirnya “Internet” yang mampu menyebarkan informasi dengan cepat tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Perkembangan teknologi komunikasi juga mengalami kemajuan yang pesat dari mulai ditemukannya telegraph (sistem komunikasi digital jarak jauh) pada tahun 1835, telepon pada tahun 1876, sambungan telepon jarak jauh menggunakan satelit pada tahun 1952, hingga telepon seluler digunakan secara luas pada tahun 1985.
Perkembangan muatan informasi diawali dengan berhasilnya Markoni membuat radio, ditemukannya kamera gambar bergerak dan televisi. Mulai tahun 1994 rangkaian kejadian penting dalam perkembangan Teknologi Informasi bermunculan dengan cepat.


Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Ada beberapa tonggak perkembangan teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap perkembangan TIK hingga saat ini. Pertama yaitu temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika, bahkan kemudian diikuti pemasangan kabel komunikasi trans-atlantik. Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global. Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera berkembang pesat. Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an. Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957. Perkembangan teknologi elektronika, yang merupakan cikal bakal TIK saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era Perang Dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur (dulu Uni Soviet) justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin-mesin perang. Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi ‘otak’ perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai saat ini. Perangkat telekomunikasi berkembang pesat saat teknologi digital mulai digunakan menggantikan teknologi analog. Teknologi analog mulai terasa menampakkan batas-batas maksimal pengeksplorasiannya. Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital. Produk hasil konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler. Di atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi ini kandungan isi (content) berupa multimedia mendapatkan tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi – komputasi multimedia inilah yang menjadi ciri abad ke-21, sebagaimana abad ke-18 dicirikan oleh revolusi industri. Bila revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti ‘otot’ manusia, maka revolusi digital (karena konvergensi telekomunikasi – komputasi multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau setidaknya meningkatkan kemampuan) ‘otak’ manusia.


JENIS APLIKASI TEKNOLOGI INFORMASI




Aplikasi teknologi informasi sangat terkait dengan aplikasi teknologi komputer dan komunikasi data dalam kehidupan. Hampir semua bidang kehidupan saat ini dapat memanfatkan teknologi komputer. Beberapa jenis aplikasi tersebut adalah :

1. Aplikasi di bidang sains
Contohnya adalah aplikasi astronomi (perbintangan).

2. Aplikasi di bidang teknik/rekayasa
Contohnya adalah pembuatan robot dengan menggunakan konsep kecerdasan buatan agar robot lebih bijak.

3. Aplikasi di bidang bisnis/ekonomi
Contohnya adalah e-business, e-marketing, e-commerce dan lain-lain.

4. Aplikasi di bidang administrasi umum
Contohnya adalah aplikasi penjualan/distribusi barang, aplikasi penggajian karyawan, aplikasi akademik sekolah dan lain-lain.

5. Aplikasi di bidang perbankan
Contohnya adalah e-banking, ATM, dan m-banking.

6. Aplikasi di bidang pendidikan
Contohnya adalah e-learning (distance learning).

7. Aplikasi di bidang pemerintahan
Contohnya adalah e-government dan aplikasi inventarisasi kekayaan milik negara (IKMN).

8. Aplikasi di bidang kesehatan/kedokteran
Contohnya adalah pemeriksaan kokar diograf i yaitu suatu pemeriksaan non invasif untuk menegakkan diagnose penyakit jantung. Dengan menggunakan alat ini aktivitas otot-otot jantung bisa dilihat langsung dilayar monitor dan lainnya.

9. Aplikasi di bidang industri/manufaktur
Contohnya adalah simulasi komputer untuk ujicoba atas rancangan sistem baru.

10. Aplikasi di bidang transportasi
Contohnya adalah aplikasi untuk mengatur jadwal penerbangan pesawat terbang.

11. Aplikasi di bidang pertahanan keamanan
Contohnya adalah aplikasi sistem keamanan data dengan enkripsi.

Bagi beberapa kelompok masyarakat yang maniak terhadap perkembangan teknologi informasi, memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam memprovokasi, dan memberikan pengaruh kepada lingkungan. Dengan bumbu kecanggihan dan kepraktisan yang ditawarkan, serta pemahaman manfaat ekonomis yang diberikan melalui kemudahan dan daya guna yang ditimbulkan oleh kemajuan tersebut, telah mampu menyeret lingkungan untuk menjadi pengikutnya, sehingga menjadi anggota yang secara tidak langsung justru menjadi lebih fanatik terhadap ketergantungannya pada kemajuan teknologi tersebut.


PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN



Sebelum menginjak abad 21 yang telah serba modern, penemuan teknologi-teknologi telah dirintis dimulai dari ditemukannya dari yang paling sederhana yaitu "mesin tik" pada jaman dahulu dan saat ini berkembang dengan dibuatnya KOMPUTER serta LAPTOP yang paling canggih. Selain itu ditemukan telepon sederhana hingga ditemukannya hand phone dan saat ini dan merambah pada "Blackberry". Bahkan pada saat ini abad ke 21 telah ditemukan bidang rekayasa mikroelektronika. Hal ini dapat menunjukkan bahwa TIK mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Dengan telah berkembangnya sistem komunikasi secara online melalui telepon, sms, mms, email serta BBM (Blackberry Messanger) yang dapat diakses dengan mudahnya, tentunya hal ini dapat mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan, khususnya dalam bidang pendidikan. Hal ini dapat terlihat dengan telah terjadinya pergeseran dalam proses pembelajaran, dimulai dari ‘belajar di ruang kelas’ ke’ belajar dimana saja’, dari ‘kertas’ ke ‘on line’. Interaksi antar dosen dan mahasiswa pun tidak hanya dapat dilakuakn melalui hubungan tatap muka tetapi dapat dilakukan melalui telepon, sms, email bahkan BBM. Kemajuan teknologi serta informasi sangat membantu dalam sistem pembelajaran, mencari sumber bahan ajar, bahkan dalam pembuatan evaluasi bagi mahasiswa yang dapat diberikan secara beragam (dengan memanfaatkan teknologi komputer dan internet). Dengan adanya pemanfaatan teknologi informasi yang diperuntukkan bagi peningkatan kinerja lembaga pendidikan dalam upayanya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia. Dosen dan Mahasiswa tidak lagi disibukkan oleh pekerjaan-pekerjaan operasional, yang sesungguhnya dapat digantikan oleh komputer. Dengan demikian dapat memberikan keuntungan dalam efisien waktu tenaga serta ruang.

Bila diuraikan pemanfaatan TIK dapat dijelaskan secara terperinci seperti :

• Penyimpanan dan pengolahan data.

• Analisis perkembangan kinerja dosen serta staff, kemampuan mahasiswa dari periode ke periode.

• Penyediaan informasi tentang perkembangan studi.

• Pengolahan data menjadi informasi untuk mendukung pengambilan keputusan.

• Pengelolaan perpustakaan termasuk katalogisasi buku-buku, penelusuran buku, proses peminjaman dan pengembalian buku, status keberadaan buku, dan penetapan jumlah denda.

• Dll.


PENGARUH TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI DALAM BIDANG EKONOMI



Kemajuan Teknologi Informasi mempengaruhi segala Aspek Kehidupan salah satunya yang menonjol adalah penggunaan Teknologi Informasi dalam Bidang Ekonomi. kemajuan ini memberikan dampak positif dalam bidang perekonomian salah satunya, yaitu :

•Pertumbuhan ekonomi yang semakin Tinggi, Hal ini ditunjukan dengan banyaknya perusahaan besar menggunakan Perangkat dan sistem yang berbasis Teknologi Informasi.

•Tingkat Produktifitas semakin tinggi,dalam hal ini di dunia Industrialisasi dikarenakannya adanya Otomatisasi dalam bidang perkantoran.

•Terjadinya Industrialisasi di berbagai daerah,Hal ini ditunjukan semakin banyak kota yang berkembang untuk maju,dan tidak hanya terjadi di kota- kota besar saja.

Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan dan dirasakan saat ini dengan berkembangnya E-Commerce memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan Produsen yang menjual suatu produk sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.


PENGARUH TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI DALAM BIDANG SOSIAL DAN BUDAYA



Perubahan dalam hidup boleh terjadi akan budaya dengan nilainya yang tak terhingga akan tetap menjadi simbol bagi orang Indonesia dalam kehidupannya. Terbukti walaupun kemajuan begitu pesat saat ini akan tetapi dalam setiap kesempatan tetaplah budaya dikedepankan dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan.

Pada prinsipnya setiap perkembangan dan kemajuan dalam segi apapun baik adanya, setiap manusia menginginkan perubahan pun demikian dalam konteks kehidupan bermasyarakat. Dari sekian banyak bidang ada dan berpacu untuk kemajuan salah satunya adalah bidang teknologi, yang menghadirkan perubahan dan kemajuan untuk selanjutnya digunakan oleh manusia. Beragam teknologi yang diciptakan memungkinkan manusia untuk bebas memilih apa yang diinginkan.

Perkembangan teknologi seperti yang sudah tersaji diatas tentu membawa perubahan yang begitu baik dan pesat dalam kehidupan manusia. Perkembangan itu baik adanya jika sesuai dengan apa yang diharapkan. Bagaimana jika perkembangan teknologi membawa pengaruh negatif dalam hidup manusia? apakah pengaruh negatif dari teknologi mempengaruhi pergeseran nilai – nilai budaya dalam kehidupan manusia? Kedua pertanyaan ini menjadi wajar apabila kita perhatikan dengan seksama dampak dari kemajuan saat ini.

Tidak dipungkiri bahwa perkembangan teknologi saat ini juga membawa pengaruh yang kurang baik atau negatif dalam kehidupan manusia. Kehadiran tekologi yang sedemikian canggih membuat masyarakat umum mempunyai begitu banyak pilihan untuk memilih apa yang dikehendakinya.



Sebagai contoh aplikasi dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, bisa dilihat sebagai berikut:


Spesifikasi Android Tablet BenQ R100 2011




Spesifikasi Android Tablet BenQ R100 2011. BenQ R100 10.1-inch Tablet powered android diharapkan datang pada kuartal pertama tahun 2011. Android Tablet terbaru 2011 dengan 10.1-inch 1024 x 600 layar LCD touchscreen resistif, prosesor Samsung 833MHz S5PC100, RAM DDR2 512MB, berjalan pada prosesor berbasis ARM.

Spesifikasi Android Tablet BenQ R100 2011
Android Tablet BenQ R100 2011 ini juga didukung sebuah 0.3-megapixel menghadap ke depan kamera, WiFi, Bluetooth 2.1 + EDR, port mini-USB, port HDMI, sebuah 8GB penyimpanan flash, SD / SDHC card slot (hingga 32GB), headset jack 3.5mm, built-in 1W speaker dan berjalan pada Android OS 2.0.

Spesifikasi Android Tablet BenQ R100 2011 :
- CPU : Samsung S5PC100 833MHz
- Operating system : Android 2.0
- Memory : 512MB DDRII
- Monitor : 10.1 “(16:9) LED-backlit panel | 1024 x 600 resolution
- Touch : Resistive touch a single point
- Hard drive : Built-in 8G B flash drive (can support 32G B)
- Video Device : Built-in 300,000 pixel camera
- Card Reader : Built-in SD card reader
- Communication devices : Wireless LAN: Built-in 802.11 bgn Wireless Networking
- Bluetooth module : Support Rev. 2.1/EDR
- Audio : Built-in speaker (output power 1.0W)
- Output / input devices : Mini-USB port, HDMI output port (version 1.2), AC adapter DC-in DC power connector, Headphone jack
- Battery : Li-Polymer battery (29.4 Wh, 3.7V)
- Rated voltage and current : 9V, 2A
- Size : 266 (W) x 172 (depth) x 14.55 (H) mm
- Weight : 720 grams (with battery)

BenQ R100 Tablet Android 2011 spesifikasi telah lama ditunggu-tunggu (sebelumnya dikenal sebagai R100 nReader), sekarang tersedia untuk pembelian di Taiwan dengan harga 13.900 TWD (sekitar $ 470). Sumber www.benq.com.tw By Informasi Teknologi 2011.


Buffalo HDS-PXVU2 Portable HDD Terbaru


Buffalo HDS-PXVU2 Portable HDD Terbaru. Buffalo meluncurkan portable HDD terbaru 2011, Buffalo HDS-PXVU2 bukan portable hard disk drive biasa, karena dilengkapi dengan software Trend Micro anti-virus dan enkripsi berbasis hardware untuk mengamankan data, dengan memindai semua file yang ditransfer untuk spyware, malware dan virus.

Buffalo HDS-PXVU2 Portable HDD
Buffalo HDS-PXVU2 memiliki kapasitas 320 GB, 500 GB atau 1 TB, dan dikemas dalam paket berukuran 90 x 20 x 134 mm dan berat 300 gram.
Software anti-virus akan melindungi drive saat Anda memindahkannya dari satu PC ke lainnya, sedangkan enkripsi hardware akan menyimpan data tidak dapat diakses orang yang tidak berhak. sementara built-in antivirus memastikan tidak ada ancaman dari luar virtual yang dapat menyebabkan kerusakan apapun.
Selain itu, Buffalo HDS-PXVU2 menerapkan sistem 16-point shock-menyerap internal, ditambah sebuah band silikon non-slip, untuk ketahanan fisik. Buffalo HDS-PXVU2 memiliki wrap-around kabel USB, dengan menggunakan perangkat lunak Manager eko, dapat menggunakan hingga daya 30% kurang dari para pesaingnya.
Buffalo HDS-PXVU2 Portable HDD Terbaru 2011 ini sudah dapat di pesan Februari, dengan harga 320GB ($ 192), 500GB ($ 250) dan 1TB ($ 350) kapasitas penyimpanan. Sumber (news.softpedia.com) By Informasi Teknologi 2011.



Telkomsel Bundel Galaxy Mini Rp1,6 Juta
Khusus pelajar dan mahasiswa, smartphone Android mini ini dibanderol Rp1,29 juta saja.
Sabtu, 19 Februari 2011, 14:22 WIB

Samsung Galaxy Mini (GSM Arena)




VIVAnews - Telkomsel bersama Samsung hari ini merilis paket bundling smartphone Android, Samsung Galaxy Mini. Paket Samsung seri S5570 itu dilengkapi dengan perdana simPATI dengan banderol harga Rp 1,59 juta.

"Paket bundling Telkomsel dan Samsung Galaxy Mini sekaligus sebagai edukasi layanan berbasis Android pada pelanggan," kata Iwan Darmawan, manager broadband bundling Telkomsel, di sela jumpa pers, Jakarta, Sabtu 19 Februari 2011.

"Hal ini merupakan salah satu upaya kami dalam menyediakan solusi layanan mobile lifestyle Telkomsel," tandasnya. Sebagaiman diketahui, pasar pengguna smartphone Android di Indonesia tumbuh signifikan dalam setahun terakhir.

Di tahun lalu, Android menempati posisi ketiga sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan. Pertumbuhannya tumbuh lebih dari 200 persen dibandingkan tahun 2009.

Pada paket bundling Samsung Galaxy Mini, Telkomsel memberikan layanan akses Internet tak terbatas dengan Flash seharga Rp 50.000 per bulan selama 3 bulan. Tarif ini diklaim lebih hemat 50 persen dibandingkan tarif normal, yakni Rp 50.000 per dua minggu.

Paket bundling ini akan tersedia di lebih dari 50 gerai ponsel berlogo Samsung di Jakarta, Bandung, Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, Bandar Lampung, Banjarmasin, Pontianak, Makasar, Palu, Manado, dan beberapa kota lainnya.

Khusus hari ini, 19 Februari 2011, paket bundling Samsung Galaxy Mini dapat diperoleh dengan harga spesial Rp 1,29 juta. Harga ini dapat ditemui di pameran penjualan yang digelar di Plaza Ex, Jakarta. Syaratnya, calon pembeli harus memiliki kartu pelajar atau kartu mahasiswa aktif.

Lantas, apa keunggulan Samsung Galaxy Mini?

Galaxy Mini adalah smartphone Android buatan Samsung paling mungil. Dimensinya hanya 11 x 6 x 1,2 cm dengan bobot 105 gram. Ia mengadopsi sistem operasi Android 2.2 Froyo dengan prosesor berkecepatan 600 MHz.

"Samsung Galaxy Mini menyasar segmen anak muda, laki-laki dan perempuan, rentang usia 15-25 tahun. dan penggandrung social media. Dengan Froyo, anak muda dapat menikmati pengalaman baru social media bersama Social Hub yang mengintegrasi segala layanan seperti Facebook, Twitter, Myspace, dan lainnya," kata Eka Anwar, head of marketing HHP Business Samsung Electronics.

Smartphone mini ini bukan produk main-main. Di segi konektivitas, ponsel layar sentuh berukuran 3,1 inci ini telah mendukung akses HSDPA 7,2 Mbps (setingkat Samsung Galaxy S), lengkap dengan Wi-Fi, Bluetooth, dan microUSB. Ia juga memiliki fungsi GPS sebagai navigasi. Sayang, resolusi layarnya kecil, sebatas 240 x 320 piksel.

Berikut fitur dan spesifikasi Samsung Galaxy Mini:
- Jaringan Selular GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 (2G)
- HSDPA 900 / 2100 (3G)
- Dimensi dan berat : 11 x 6 x 1,2 cm, 105 gram
- Layar TFT capacitive touchscreen, 256 ribu warna
- Ukuran layar : 3,1 inci, 260 x 320 piksel
- Accelerometer sensor for UI auto-rotate
- TouchWiz v3.0 UI
- Swype text input method
- Proximity sensor for auto turn-off
- Memori 160MB (RAM), 2GB (storage), slot memory card hingga 32GB
- Konektivitas 3G HSDPA, 7.2 Mbps
- Wi-Fi 802.11 b/g/n
- Bluetooth 2.1, microUSB 2.0
- Kamera 3.15 MP, 2048 x 1536 piksel
- Video Ada, QVGA@15fps
OS Android v2.2 (Froyo)
CPU 600 MHz processor
Radio Stereo FM
Browser : HTML
GPS Ada, A-GPS support

Fitur-Java (via pihak ketiga)
- Kompas digital
- Integrasi SNS (Social hub)
- Organizer
- Image/video editor
- MP3/WAV/eAAC+ player
- MP4/H.264/H.263 player
- Voice command/dial
- Document viewer/editor
- Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration
- Predictive text input
- Baterai 1200 mAh
Harga Rp1.599.000


Sumber :

Saptono, Achmad (Mahasiswa Sosiologi FISIP-UNSOED). Perkembangan Teknologi dan Pengaruhnya.

Mulyana, Dedi. 2003. Komunikasi Antar Budaya. PT. Rosda Karya, Bandung. McQuail.

Denis. 1991. Teori Komuinikasi Massa. PT Gelora Aksara Pratama. Jakarta.

http://isramardianchabib.wordpress.com/2010/10/27/perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi/

http://imashandayani.wordpress.com/2010/12/21/pengertian-teknologi-informasi-dan-komunikasi-tik/

http://drajat45freeman.wordpress.com/2010/10/28/pengaruh-teknologi-informasi-dalam-bidang-ekonomi/

http://sosbud.kompasiana.com/2010/02/12/pengaruh-perkembangan-teknologi-dalam-masyarakat-terhadap-pergeseran-nilai-%E2%80%93-nilai-budaya/

http://afinaa.wordpress.com/2010/09/28/perkembangan-teknologi-informasi/

http://informasiteknologi.com/spesifikasi-android-tablet-benq-r100-2011/

Vivanews.com

Wordpress.com

Blogspot.com

Google.com






5 comments:

  1. NICE :)). semoga bermanfaat >>
    rullcastro.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Menurut pendapat saya :

    Kemajuan dunia teknologi dan informasi memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi dan tidak bisa dihindari, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan perkembangan jaman. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi, masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal yang bersifat negatif. Hal tersebut tergantung pada masing-masing orang (depend on the people).

    Seperti yang telah dijelaskan juga bahwa teknologi informasi telah memberikan share yang signifikan terhadap beberapa bidang (pendidikan, ekonomi serta sosial dan budaya), dimana sangat mempengaruhi gaya/life style kehidupan manusia saat ini. Dalam bidang “Pendidikan”, selain memudahkan proses pencarian data/informasi/bahan ajar dari jaringan internet, memudahkan pula bagi proses belajar e-learning (distance learning). Dalam bidang “Ekonomi”, salah satunya yaitu memudahkan proses transaksi jual-beli antara produsen dan konsumen melalui via web/online shop yang tersebar luas atau misalnya e-business, e-marketing dan e-commerce. Perkembangan teknologi dan informasi dari segi “Sosial dan Budaya” bisa kita lihat dengan adanya beberapa budaya barat yang masuk dengan mudahnya. Akan tetapi, perubahan akan budaya dengan nilainya yang tak terhingga akan tetap menjadi simbol bagi bangsa Indonesia. Hal ini terbukti, walaupun kemajuan begitu pesat akan tetapi dalam setiap kesempatan tetaplah budaya dikedepankan dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan.

    Melihat kemajuan dunia teknologi dan informasi yang begitu cepat seharusnya dapat membuat kita lebih “haus” lagi akan informasi, serta ingin belajar dan terus belajar guna memperbaiki diri agar lebih baik lagi. Dan melihat dari dua sisi antara negatif dan positif, menurut saya pelajari keduanya dengan mengambil hal positif sebagai pengembangan dan hal negatif sebagai pembelajaran.

    ReplyDelete
  3. Pertekom bisa saja memberikan pengaruh positif dan negatif. Langkah-langkah realistis apa yang kiranya dapat kita lakukan untuk meminimalisir pengaruh negatif yang sangat mungkin timbul ?

    Trims sharenya Gan,,,

    ReplyDelete
  4. @ Arull : thanks (^_^) semoga bermanfaat ya

    ReplyDelete
  5. Pertekom diharapkan bs menjangkau sebagian besar wilayah Indonesia bhkan smpai yg ke pelosok sekalipun, mungkin itulah tantangan bagi sebuah negara kepulauan. Karena dibanding negara yg populasinya lebih besar spt Cina, persentase pengguna teknologi komunikasi khususnya internet masih kalah jauh, salah satu alasannya mgkin karena kondisi geografis Indonesia yg berupa kepulauan shg dibutuhkan investasi yg sangat mahal.

    Mungkin sudah saatnya muncul teknologi baru (dan pastinya bs terjangkau secara ekonomi) yg bisa mnjadi solusi.

    ReplyDelete